23/06/13

Autobiografi




Perkenalkan nama saya Meilani Sasmita, saya lahir dijakarta pada tanggal 27 mei, saya lahir dalam keadaan keluarga  yang sangat sederhana. Ayah saya bernama Bong Khoi Nen dan ibu saya bernama Nia, saya anak dari percampuran peranakan  etnis tiong,  jawa, jakarta, sunda. Saya anak kedua dari ketiga saudara kandung dan saya anak perempuan satu-satu maka tidak heran kalo keluarga saya atau ibu saya khususnya lebih over protect terhadap saya. Di dalam keluarga saya apalagi keluarga besar banyak sekali macam-macam asal daerah, agama dan budaya .. walaupun asal-usul kami berbeda tetapi masih ada sikap toleransi, menghargai, dan tenggang rasa terhadap yang lain nya, untuk itu saya  tidak suka banyak orang yang terlalu  mencibir atau membedakan orang lain apalagi demi membela suatu kaum nya yang sejenis .. malah dibilang kebanyakan orang lebih rasis . Dari taman kanak-kanak sampai sekarang saya selalu dididik dengan penuh kasih sayang dan perhatian dari orang tua saya . walaupun saya akui masih terlihat agak berlebihan. dilihat dari kanak-kanak kata orang di sekitar , saya orang nya periang, ceria, suka banget sama main, lucu .. mungkin dulu kan masih anak-anak. .  pernah waktu saya kecil saya selalu diajak main sama ibu ibu tetangga sebelah, dicubitin pipi-nya saking gemesnya, karna waktu masih kecil saya endut,  terus itu ibu tetangga kasih saya buah mangga muda dan tanpa dosa nya saya makan, alhasil karena masih kecil sistem pencernaan nya belum bisa menerima makanan asam, saya masuk rumah sakit polri selama 1 minggu kata mama. Dari masih kecil saya tipikal anak perempuan yang agak tomboi dan masih terbawa sampai sekarang ini. Mungkin karna waktu dulu mama saya selalu kalo belanja baju selalu baju saya dan adik saya yang laki-laki sama persis entah kalo beli 2 dapat diskon atau beli satu gratis satu, mungkin gara-gara itu  mulai awalnya saya agak mirip cowo. Jaman nya saya SD suka sekali pidah-pindah sekolah hampir 4 kali saya pindah sekolah dasar mungkin karna waktu itu tuntutan pekerjaaan dan kehidupan keluarga, dan setiap saya sd selalu main sama anak laki-laki, jadi-nya ga heran sampai sekarang jadi gini.. heheheheh
Saya ingin cerita waktu jaman-nya sd saya suka banget yang nama-nya baca komik, komik apa aja saya baca dan saya koleksi, setiap minggu saya selalu pergi ke gramedia buat beli komik, tetapi dengan uang jajan saya sendiri tanpa meminta kepada orang tua , jadi begini setiap saya sekolah saya selalu dikasih uang saku tapi uang saku-nya saya tabung buat beli komik, jadi-nya saya ga begitu banyak jajan di sekolah karena sudah dibawakan bekal dari rumah, saking banyak-nya komik sampai-sampai meja belajar yang khusus buat naruh buku pelajaran numpuk banyak banget, lebih banyak komik nya daripada buku pelajaran sekolah, sampai waktu itu mama saya kesel dan berniat buat membakar komik saya semua gara-gara saya gamau sekolah, setiap waktu saya baca komik sampai buku komik nya saya bawa kesekolahan, terus temen saya juga ingin pinjam itu buku komik-nya, nah . .  disinilah awal mula-nya saya berbisnis menyewakan buku-buku komik saya, saya mulai membuat kartu member anggota yang meminjam komik saya , biaya sewa per-hari nya , dan biaya denda keterlambatan pengembalian pinjaman komik , kalau ga salah ingat saya menyewakan buku komik saya dengan harga Rp 500; per-harinya . dan biaya denda keterlambatan-nya Rp 100; , biasa-nya komik setiap hari saya bawa sekitar 20 buku komik dan berhasil menyewakan buku nya kurang lebih 10 buku komik sampai buku komik di sewa  kakak-kakak kelas saya dari kelas 2 sampai kelas 6 ... hasil-nya selain saya setiap hari membawa uang yang cukup lumayan dan saya terkenal  di kalangan satu sekolah..heheheheh :D

Tapi namanya juga bisnis pasti ada resiko-nya, disinilah saya mengalami  masalah yaitu tidak tepat nya teman-teman mengembalikan buku, dan sampai ada yang menghilangkan  buku saya , hampir ingin nangis rasanya kalau diingat-ingat lagi L
Biarpun tingkat return nya tinggi ternyata tingkat risk nya juga tinggi . . ckckc jadi nya saya menghentikan bisnis menyewakan dan beralih ke bisnis membantu teman-teman sd saya untuk membuat prakarya , kan jaman sekolah dasar ada yang nama nya pelajaran kesenian dan keterampilan. Dikelas saya paling jago untuk membuat prakarya sekolah , nah disini saya mengambil peluang teman-teman yang ga bisa buat prakarya atau males untuk buat prakarya ... alih-alih ingin membantu teman dengan menyewakan tenaga saya ...hehehe J setiap prakarya sekolah saya selalu memberikan harga yang berbeda-beda kepada teman saya dengan tingkat kesulitan prakarya sekolah, jadi prakarya yang sulit harga-nya pun juga mahal... pernah waktu itu dalam sehari saya menerima uang 50 ribu dari 10 orang anak .. jadi setiap anak saya hargai 5 ribu rupiah dari mulai membuat ayaman sampai membuat rumah-rumahan....  senang banget waktu masih kecil udah bisa menghasilkan uang sendiri .. dari menyewakan barang dan jasa sampai menjual barang dagangan ke sekolah , walaupun tidak disuruh untuk melakukan itu tapi entah kenapa saya senang melakukan-nya, disinilah saya bisa sejak dini mengatur keuangan saya sendiri, jadi kalau mau apa aja tinggal beli dengan uang sendiri lebih enak dan rasa-nya lebih bahagia.  Setamat-nya dari sekolah dasar saya mulai memasuki masa sekolah menengah pertama dan awal mulai-nya masa remaja yang bisa di sebut masa-masa abg, masa-masa smp yang saya jalani menurut saya cukup baik lebih banyak kegiatan diluar sekolah , saya sering banget jadi langganan guru guru sekolah buat ikut lomba lomba antar sekolah lain-nya meskipun lebih banyak kalah nya ketimbang menang-nya, terus jadi langganan ketua kelas dari kelas 1 sampai kelas 3 , mungkin guru dan teman-teman saya sudah melihat bakat leadership saya kali ya atau  mungkin saya punya bakat untuk  dijadikan korban buat disuruh suruh guru sama teman-teman kali , yah sepertinya memang agak beda-beda tipis , , , ,dari yang mulai untuk manggil guru kalau belum masuk kelas atau jadi bahan omelan wakil kepala sekolah kalau teman-teman sekalas malas piket.... jadinya bisa terlihat kalau saya seorang yang seperti apa..hehehe J sehabis tamat dari sekolah menengah pertama saya mulai memasuki masa menegah akhir atau Sma masa masa sekolah Sma saya masih bingung untuk memilih sekolah apa dan dimana, pada saat kebingungan itu tiba tiba kepikiran dalam ingatan saya untuk masuk sekolah kejuruan karna pada saat itu ekonomi keluarga saya sedang sulit dan saya tidak ingin kalau saya  masuk Sma malah justru akan memberatkan orang tua saya walaupun orang tua saya tidak pernah mempermasalahkan tersebut tetapi saya inisiatif sendiri untuk berfikir “ ya saya memang cocok untuk masuk sekolah kejuruan dan ini mungkin sudah jalan-nya tuhan “ . dan pada akhir-nya saya masuk sekolah kejuruan dengan jurusan akuntansi .. kenapa akuntansi ??? entah kenapa dari sejak smp , kalau saya ambil kuliah saya ingin masuk jurusan akuntansi entah bidang akuntansi apa yang penting akuntansi , awal mulanya ingin akuntansi karena saya terinspirasi dari iklan dihalaman majalah universitas BSI yang punya slogan seperti ini. . .

“ kuliah ???? BSI ajaaa. . . . . .  presiden Amerika Serikat Barrack Obama angkat jempol-nya sambil tersenyum . . . dan dari sinilah awal tercipta-ny pemikiran untuk masuk akuntansi . . .


Saya masuk sekolah kejuruan akuntansi di sekolah Smk Negeri 16 jakarta di daerah menteng, jakarta pusat .... saat awal pertama kali masuk akuntansi rasa nya bingung apalagi saya paling lemah matematika-nya ... eh ternyata pas saya sudah mulai terbiasa, saya baru tau kalau akuntansi sama matematika itu berbeda, matematika itu ilmu pasti  ada rumus –nya ada hasil-nya udah pasti hanya satu jawaban , nah kalo akuntansi itu dia lebih menekankan kepada analisis memang ada rumus-nya tetapi jawaban-nya belum tentu sama, misal-nya kita mengerjakan akuntansi dan dapat balance nilai-nya itu belum tentu benar , nah sebalik-nya kalo kita tidak balance pada nilai belum tentu berarti salah... nah disitu lah seni-nya akuntansi . . . .hehehehe  J

Saya belajar di smk kejuruan ada asik nya dan ada gak-nya . kan kalo sekolah kejuruan lebih menekankan anak-anak siswa yang lulus lebih matang dalam prospek bidang-nya jadi kami lebih mendetail tentang belajar akuntansi .. pelajaran umum seperti ipa, bahasa indonesia, pkn dan lain-nya memang tak luput dari pelajaran tapi disini akuntansi yang lebih difokuskan,  belajar akuntansi buat saya sangat interesting banget apalagi kalo kita dihadapkan pada soal yang rumit dan agak sulit untuk dijawab, nah disinilah daya logika dan analisis nya kita harus bekerja, seni-nya disini, bagaimana cara memecahkan soal diatas dengan baik dan dengan sebenar-benarnya ... kalau saya belajar akuntansi harus mencari keyword nya setiap pembahasaan-nya.. jadi kita ga perlu mengulang-ulang apa yang kita pelajari itu... setelah kita sudah menemukan keyword nya pasti kita mudah dalam menyelesaikan-nya ... seperti film sharlock holmes aja.... dan ga asik-nya itu disini dikelas saya banyak sekali yang lebih pintar-pintar dari saya ... nah jadi siswa dikelas itu saling bersaing atau berkompetisi untuk mendapatkan nilai yang bagus.. waktu itu saya harus mempersiapkan mental yang kuat, karna yang tadi saya bilang daya saing-nya luar biasa .. mental nya kuat bisa dapat berjalan dengan baik apabila mental kita tidak kuat maka kita akan terjatuh ibarat-nya seperti itu. . . dan pada akhir-nya masa-masa sekolah saya telah berakhir dengan mendapatkan nilai bagi saya memuaskan dan memuaskan juga bagi orang tua saya... walaupun saya bukan yang terpintar di sekolah tapi nilai saya yang terbaik bagi keluarga dan saya tentu-nya... setelah masa sekolah berakhir banyak sekali perusahaan yang memanggil saya untuk ikut wawancara atau interview, memang niat saya kalo saya tidak bisa kuliah, saya akan bekerja sambil kuliah...  dan akhir-nya setelah lulus tidak perlu menganggur agak lama. akhir-nya saya bekerja disalah satu perusahaan di bagian keuangan.. tidak begitu lama hanya kurang lebih 3 bulan ... saya memutuskan untuk kuliah reguler pagi karena orang tua saya tidak begitu menyetujui bahwa harus bekerja di usia yang harus nya saya banyak belajar... dan akhirnya saya mulai mencari suatu perguruan yang lumayan terbaik . saya mulai mencoba nya dengan masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan dan snmpt.. mungkin bukan takdir saya untuk dapat diterima diperguruan tinggi itu,  dan tante saya menawarkan beasiswa ke luar dan saya pun mencoba nya untuk memperoleh beasiswa itu , tetapi saya hanya lolos di lamaran berkas saja pada tahap ke 2 saya tidak lolos dalam sesi wawancara .. yah kembali lagi mungkin bukan takdir saya .. akhir-nya saya menemukan perguruan tinggi swasta yang bagi saya lumayan bagus dan harga nya juga lumayan tidak mahal yaitu Universitas Gunadarma, saya mengambil jurusan akuntansi lagi karena di tempat kuliah ini saya berniat untuk mematangkan ilmu akuntansi saya karena sebelum-nya saya pernah sekolah kejuruan akuntansi jadi dasar-dasar akuntansi saya sudah paham hanya lebih meningkatkan level di tempat kuliah menurut saya .. jadi saya belajar akuntansi di tempat kuliah hanya mengulang dan menambahkan setiap ada revisi dari berbagi dosen...semoga dalam proses belajar ini saya mendapatkan ilmu yang terbaik dan mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi terhadap ilmu akuntansi. . . . 

itulah sedikit cuplikan kehidupan saya mulai saya lahir sampai sekarang.... sebener-nya banyak sekali yang ingin saya ceritakan tetapi waktu saya terbatas... heheh J bagi saya ilmu itu adalah hal terpenting, kita bisa mengetahui dari proses belajar, ilmu itu syarat akan makna, ilmu juga membedakan setiap manusia...jadi jangan ada kata menyerah atau bosan untuk meraih imu setinggi-tingginya . . . .




1 komentar:

  1. nice story....
    perlu dicontoh y,dr kecil sdh terlihat jiwaa bisnisnya.hehehe.. :)

    BalasHapus